Beranda Mereka Luncurkan Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia, Upaya BWI Menggaet Kaum Millenial Kampus

Luncurkan Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia, Upaya BWI Menggaet Kaum Millenial Kampus

0

Jakarta – Dalam sebuah acara “Wakaf Goes To Campus” yang diadakan pada hari Rabu tanggal 5 Mei 2021, Badan Wakaf Indonesia (BWI) resmi meluncurkan 2 Forum Wakaf yaitu Forum Jurnalis Wakaf Indonesia (FORJUKAFI) dan Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia (FWMI). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara Virtual Online Zoom dan secara Offline dengan menghadirkan beberapa undangan terbatas dan sesuai protokol kesehatan di Hotel Savero Depok, Jawa Barat.

Dalam kegiatan Wakaf Goes To Campus ini mengundang beberapa tokoh diantaranya Prof. Muhammad Nuh (Ketua Badan Pelaksana BWI), Prof. Dr. Garuda Wiko (rektor Univ. Tanjungpura), Prof. Dr. Raditya Sukmana (Guru Besar Univ.Airlangga), Dr. Irfan Syauqi Beik, M.Irfan Sukmana (Deputi Direktur Deks Bank Indonesia), Marjana (Direktur Risk and Compliance Bank Mega Syariah), Drs. Susono Yusuf, segenap Jajaran pengurus BWI, Lia Azizah (Da`I TV Nasional), para Jurnalis, serta para mahasiswa yang hadir secara online ataupun offline. Hampir 1.000 Partisipan hadir memenuhi ruangan zoom pada kegiatan ini.

Forum Wakaf Mahasiswa ini terbentuk berawal dari kegiatan Workshop Mahasiswa dan Gerakan Wakaf Kampus yang diadakan oleh BWI dengan mengundang perwakilan delegasi dari 25 Kampus di daerah JABODETABEK & Bandung. Dari kegiatan tersebut para mahasiswa sepakat bersama BWI untuk menindaklanjuti dengan membuat sebuah forum yang kini telah resmi diluncurkan.

Menurut Ketua Badan Pelaksana BWI, Prof. Muhammad Nuh bahwa mahasiswa saat ini harus dilibatkan dalam perwakafan Nasional sebagaimana dalam pengantarnya “Mulainya Era baru perwakafan adalah dengan tampilnya kampus/para mahasiswa untuk ikut dan terlibat dalam gerakan wakaf”. Ucapnya

Mengapa demikian ? “Karena kampus itu satu-satunya sistem yang memiliki proses regenerasi yang sangat baik. Setiap tahunnya akan ada generasi yang masuk kampus, kemudian juga tiap tahunnya ada yang keluar kampus (sudah lulus). Kampus menjadi tempat yang memiliki tradisi akademik yang baik” _ lanjut Nuh.

Keyakinan dan kepercayaan besar ditumpuk pada pundak-pundak mahasiswa dalam melakukan pergerakan dan perubahan. Begitupun yang kembali disampaikan Prof. M. Nuh, “Yakinlah kalau sudah mahasiswa yang bergerak, Maka rasanya tidak ada beban yang terasa berat. Karena mereka memiliki orisinalitas dan masa depan yang luar biasa”.

Kemudian Drs. Susono Yusuf turut menyampaikan sambutannya dalam acara tersebut, dengan memberikan pesan-pesan “Mereka kaum millenial, anak-anak muda, para Mahasiswa di kampus menjadi target sasaran penguatan literasi wakaf di lingkungan kampus dan masyarakat. Sehingga, mereka para generasi penerus nantinya sudah tidak akan asing lagi dengan perwakafan nasional”.

Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia ini secara resmi diluncurkan langsung dengan dipimpin oleh bapak Dr. Imam Teguh Saptono selaku wakil ketua Badan Pelaksana BWI dan disampaikan pula “Kedua Forum ini memegang 2 peran kunci yang sangat penting. Jurnalis sebagai market opinion maker di masyarakat, sementara mahasiswa ada 2 komponen besar, yaitu sebagai akademisi dan regenerasi muda penerus”. -Ucap Imam

“Insya Allah Forum yang diluncurkan saat ini akan menjadi salah satu pilar elemen perkembangan wakaf baik Nasional ataupun Internasional”. –lanjut Imam

Kemudian, setelah itu secara simbolis kedua forum menandatangani prasasti peresmian dengan masing-masing perwakilannya. Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia secara simbolis penandatanganan diwakili oleh Ahmad Akbar (Mahasiswa Universitas Djuanda, Bogor) dan dihadiri juga secara langsung oleh Affan Dharmawan (Mahasiswa UHAMKA, Jakarta), Arya Chandra Nugraha (Mahasiswa Universitas Indonesia), Risyda Nurul Qalbi & Wan Nur Azizah (Mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur`an, Jakarta). Selain itu juga, turut hadir secara Online melalui zoom pengurus FWMI sebagai berikut :

– Ronald Gozali          (UIN SGD Bandung)

– M. Raihan                 (Institut Tazkia)

– Farhan Febriansyah  (Politeknik Negeri Jakarta)

– Fitri Wijayanti          (Univ. Islam As-Syafi`iyah)

– Naila Sri Sukma       (UIN SGD Bandung)

– Kiki Hardiansyah     (Univ. Pendidikan Indonesia)

– Ananda Aulia Rizki  (Univ. Padjajaran)

Serta seluruh mahasiswa lainnya yang tergabung dalam forum tersebut dengan jumlah sekitar 50 Orang dari berbagai kampus di Jabodetabek & Bandung.

Terakhir, Ahmad Akbar selaku ketua Forum Wakaf Mahasiswa Indonesia menyampaikan testimoni “Alhamdulillah…. Mewakili seluruh teman-teman FWMI betul-betul berterima kasih kepada Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang telah mendorong dan menggalakkan peran mahasiswa dalam pengembangan ekosistem perwakafan nasional”. –Tuturnya

Dengan dibuatnya forum tersebut tersimpan untaian harapan-harapan mahasiswa yang kemudian disampaikan oleh Akbar “Kami sangat berharap banyak dengan dibentuknya forum ini dapat menjadi washilah bagi kami para generasi millenial untuk berkontribusi dan berperan  aktif dalam perwakafan nasional serta membangun Indonesia yang lebih baik lagi”. _lanjut Akbar.

Exit mobile version