Jakarta – Mulai dari tanggal 1 November, pelanggan PLN dikabarkan akan dapat klaim listrik gratis. Ada dua cara mudah untuk mengklaim token listrik gratis, ataupun token potongan harga sebesar 50%

Pemerintah melalui PLN memang tengah menjalankan program stimulus dampak Covid-19 bagi pelanggan PLN. Program stimulus tersebut, melalui PLN akan dibagikan degan bentuk token listrik gratis atau diskon 50 % bagi pelanggan yang masuk kategori.

Namun, token listrik gratis hanya di peruntukan bagi pelanggan dengan kWh 450 Volt Ampere (VA). Sedangkan, pelanggan dengan kWh 900 VA yang berhak mendapatkan subsidi akan mendapat token listrik gratis sebesar 50%.

Ada dua cara untuk mengklaim token subsidi PLN ini, baik dengan mengakses situs resmi PLN di www.pln.co.id atau nomor WA resmi PLN, yakni 081-221-231-23.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengklaim token gratis bulan november dari PLN.

1. Token Gratis Lewat Whatsapp Resmi PLN

– Ketik pesan di nomor WhatsApp PLN: 08122-123-123.

– Kemudian, akan muncul balasan otomatis dari PLN seperti gambar berikut ini:

– Lanjutkan mengetik kode 1.

– Kemudian, PLN akan memintamu untuk menuliskan ID pelanggan atau nomor kWh meteran.

– Jika ID meteran memenuhi syarat, maka akan mendapatkan token listrik dan bisa langsung digunakan.

– Namun, jika ID meteran listrikmu tidak memenuhi syarat maka akan mendapatkan balasan seperti berikut ini:

“Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).”

2. Melalui Website PLN

Pelanggan dapat mengakses website resmi di portal www.pln.co.id atau www.layanan.pln.co.id.

– Buka situs web resi PLN di www.pln.co.id.

Setelah membuka laman resmi PLN, kemudian diarahkan ke situs layanan.pln.co.id atau stimulus.pln.co.id.

Atau klik link berikut ini.

– Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia.

– Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar.

– Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan.

– Masukkan kode token listrik sesuai ID pelanggan yang didaftarkan tadi.

Setelah mendapat token, langkah selanjutkanya adalah mengisi nomor token listrik ke meteran.

Cara Mengisi Token ke meteran

– Tekan nomor token listrik yang kamu dapatkan

– Setelah semua nomor ditekan, lanjutkan dengan memencet tanda enter yang terletak di bawah sebelah kanan.

– Jika muncul tulisan “Benar” maka kamu sudah berhasil

– Jika muncul tulisan “Salah” maka ulangi lagi memasukkan nomor dengan teliti.

Nantinya, jika Anda sudah benar memasukkan nomor token, maka saldo yang ada otomatis akan bertambah.

Pastikan pelanggan merupakan penerima program ini dengan cara membedakan pelanggan subsidi dan non-subsidi.

Cara mengetahui Bila Anda Termasuk Pelanggan Subsidi

1. R1/900VA Subsidi

– Cek struk pembayaran sebelumnya

– Lihat pada kolom Tarif/Daya

– Jika tertera R1, maka Anda berhak mendapat keringanan

2. R1M/900VA Non Subsidi

– Cek struk pembayaran sebelumnya

– Lihat pada kolom Tarif/Daya

– Jika tertera R1M, maka Anda tidak berhak mendapat keringanan

Kriteria pelanggan yang mendapat token listrik gratis ataupun diskon 50 persen:

– R1/450 VA (Gratis)

– R1T/450 VA (Gratis)

– R1/900 VA (Diskon)

– R1T/900 VA (Diskon)