Kalimantan – Peristiwa bencana longsor kembali terjadi di area pertambangan Tanahbumbu Kalimantan Selatan. Puluhan orang dikabarkan tertimbun longsor di areal penambangan batubara manualan.

Awalnya warga desa Mentawakan Mulya, Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanahbumbu, dikejutkan dengan kabar hilangnya 17 orang di area tambang batu bara manual. Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Minggu (24/1/2021) sekitar pukul 14.00 WITA.

Menurut warga disekitaran areal tambang manualan, ada sekitar 17 orang yang tertimbun longsor saat hujan deras yang mengguyur areal penambangan tersebut.

Menurut data yang dihimpun, hingga Senin (25/1/2021) sudah ada beberapa orang yang ditemukan di tambang manualan yang berlokasi di KM 33 di PT CAS.

Menurut informasi yang berkembang, 10 orang pekerja tambang batu bara manualan masih terperangkap di lorong eks Tambang. Tim evakusi gabungan dari Basarnas, TNI Polri hingga masyarakat sudah mengerahkan dua unit alat untuk evakuasi, pada Senin (25/1/2021).

Namun kondisi 10 orang yang terperangkan tersebut masih belum diketahui kondisinya. Sementara 12 korban longsor lainnya dalam keadaan sehat setelah berhasil menyelamatkan diri.